Komjen Pol. (Purn) Dharma Pongrekun, Tuhan Yang Menetapkan Kita Untuk Berkuasa
Sumber: cahaya bagi negeri

News / 18 July 2024

Kalangan Sendiri

Komjen Pol. (Purn) Dharma Pongrekun, Tuhan Yang Menetapkan Kita Untuk Berkuasa

Puji Astuti Official Writer
1186

Seorang Komisaris Jenderal Polisi (Purn) Dharma Pongrekun mengaku bahwa menjadi polisi bukanlah cita-citanya. Namun jalan Tuhanlah yang membawanya langkah demi langkah meniti karir di Kepolisian Republik Indoensia.  Dalam wawancara dengan Cahaya Bagi Negeri, Dharma Pongrekun mengungkapkan impian masa kecilnya. 

"Saya dulu ingin menjadi insinyur karena terinspirasi oleh pamannya yang selalu tampak rapi dengan pakaian dan tas kerja yang bagus," ujar Dharma Pongrekun. Namun, rencana itu berubah saat ia hendak lulus SMA. 

Awal Karir Dharma Pongrekun

"Saya bermaksud mendaftar ke UI atau ITB, tetapi teman saya secara tidak sengaja memberikan syarat-syarat masuk ke Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) yang waktu itu mencakup darat, laut, udara, dan kepolisian," kenangnya. Dharma semula memilih Angkatan Darat, namun akhirnya memutuskan untuk menjadi polisi. 

Dalam perjalanan karirnya sebagai polisi, Dharma Pongrekun mengaku banyak belajar tentang rencana Tuhan dalam hidupnya. Ia mengutip ayat-ayat dari Alkitab seperti Yeremia 1:5 dan Efesus 1:4 yang menyatakan bahwa Tuhan telah memilih dan menguduskan setiap individu sejak sebelum dunia dijadikan. 

"Kita tidak pernah tahu rencana apa yang Tuhan inginkan dalam hidup kita sampai kita benar-benar mengenal-Nya," ujarnya.  

Dharma menekankan pentingnya menempatkan diri dalam posisi yang hidup berkenan kepada Tuhan dan menjadi media penyampai pesan-Nya kepada dunia. 

Sebagai seorang yang telah melalui berbagai posisi penting dalam kepolisian, termasuk Wakil Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Direktur Narkoba Bareskrim Polri, Wakil Kepala Bareskrim Polri, dan Wakil Kepala BSSN, Dharma menegaskan bahwa semua keberhasilan tersebut bukan hasil usahanya sendiri.  

"Saya hanya menjalani saja, lalu Tuhan tempatkan di situ," katanya. 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : Cahaya Bagi Negeri
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami